Toyota Avanza Kebanggaan Keluarga

toyota avanza

Siapa sih orang yang belum mengenal Toyota Avanza di Indonesia? Mobil ini menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia dan hampir selalu mendominasi kategori LMPV.

Avanza menjadi pilihan favorit konsumen karena keunggulan ground clearance, radius putar roda, dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Hal tersebut memang sejalan dengan budaya berkendara dan sejalan dengan kondisi jalan raya di Indonesia.

Karena menjadi favorit mobil keluarga Indonesia, ada ungkapan tentang Avanza, “Ini alasan tersulit mengejar Avanza, karena sudah dilampaui dan diletakkan paling depan.”

Avanza pertama kali diluncurkan di Gaikindo Auto Show tahun 2003. Saat itu, Toyota juga memperkenalkan Kijang Innova untuk menggantikan generasi Kijang Capsule.

Avanza masuk ke pasar Indonesia sebagai pilihan baru mobil keluarga karena mobil Kijang generasi terbaru saat itu harganya sangat mahal. Selain itu, masyarakat Indonesia membutuhkan mobil terjangkau yang mampu menampung 7 penumpang.

Nah, selama varian terbaru belum dirilis. Mari kita ingat, apa perbedaan Toyota Avanza dengan generasi ke-3.

1. Generasi 1 Tahun 2003 sampai 2011

Pada awal kemunculannya Avanza memiliki 2 varian yaitu 1.3 E dan 1.3G. Hanya transmisi manual 5 kecepatan yang tersedia pada saat itu. Di awal peluncurannya, desain lengkung begitu menarik.

Sekalipun fungsi mobil ini masih sangat sepele, namun desain dan MPV 7-seater-nya mampu menarik perhatian pembeli.

Dari segi internal, mobil ini memiliki dominasi warna hitam dan abu-abu, dan Avanza kala itu masih minim fungsionalitas. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan mengatur arah angin, tubuh penghuni, kaki-kaki atau pengaturan arah angin pada jendela.

Sistem hiburan masih mengandalkan host model DIN yang hanya bisa memutar kaset, dan tidak ada kontrol audio di lingkar kemudi. Namun untuk tata letak kaca jendela, digunakan teknologi power window pada keempat jendela tersebut, dan kaca spion disetel menggunakan model elektronik.

Avanza 1.3 E adalah aksesori paling rendah saat itu, karena mobil ini sangat dibuat sederhana. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah pelek tangki berukuran 13 inci, perangkat pemutar kaca depan, dan kaca spion manual yang tipis.

Trim atas Avanza 1.3 G memiliki fungsi terlengkap, seperti lampu kabut, kaca spion, AC dual blower, dan pelek alloy 14 inci dengan ban 185/70.

Namun agar tetap belum menyematkan fungsi keselamatan seperti rem ABS dan airbag, sistem pengereman mengandalkan rem cakram depan dan rem tromol belakang. Kedua jenis mesin tersebut menggunakan kode K3DE berkapasitas 1.300 cc, namun teknologi VVT-i belum digunakan. Tenaga maksimum 87 hp dan torsi 116 Nm.

Setahun kemudian, diluncurkan 1,3 S, yang dilengkapi dengan transmisi otomatis 4 kecepatan. Mesin yang menggunakan kode K3-VE menggunakan teknologi VVT-i dan memiliki tenaga maksimal 89 hp.

Sebagai fungsi keselamatan, rem menggunakan sistem ABS. Sementara itu, agar pengemudi merasa nyaman, lingkar kemudi dilengkapi fungsi tilt steering, dan boks utama kini menjadi model 2-DIN.

Pada tahun 2006, varian 1,5 S M / T dan 1,5 S A / T dirilis. Menggunakan mesin berkode 3SZ-FE berkapasitas lebih besar yaitu 1.500 cc dan mampu menghasilkan tenaga 109 hp dengan torsi 141 Nm.

Avanza generasi pertama versi refurbasi memiliki bumper yang lebih tebal dan penutup fog lamp yang berbeda, Avanza juga beberapa kali melakukan refurbasi pada tahun 2008 dan 2009. Atapnya dibuat berundak, sehingga tidak menimbulkan banyak perubahan saat hujan.

Kemudian, perubahan lain dilakukan pada desain bumper agar lebih dinamis tanpa terlalu banyak garis. Pada bagian “gril” telah diubah menjadi 3 baris, yang terlihat lebih manis dan modern.

Memasuki tahun 2010, karena tingginya permintaan transmisi otomatis, akhirnya Toyota meluncurkan pilihan transmisi otomatis 1,3 G dan 1,3 E.

2. Generasi 2 AllNew Avanza Tahun 2011 sampai 2014

Pada tahun 2011, akhirnya lahir generasi kedua Avanza yang sebelumnya diluncurkan pada IIMS 2010. Karena banyaknya perubahan tampilan, mobil ini diberi nama All New Avanza. Dibandingkan dengan produk generasi sebelumnya, desain produk generasi kedua sangat dinamis.

Mulailah dengan lampu utama segitiga baru, tetapi tetap dengan multi-reflektor biasa. Bempernya telah didesain ulang agar terlihat lebih modern, dengan lekukan lebih tajam, dan gril menjadi lebih besar, menggunakan lampu kiri dan kanan. Desain lampu rem juga lebih khas.

Dilengkapi dengan 2 pilihan mesin, 1.3L dan 1.5L, serta 3 tipe, 1.3 E, 1.3 G dan 1.5 Veloz. Kali ini yang digunakan adalah mesin 1.300 cc berkode 1NR-FE yang bertenaga maksimal 6.000 rpm 95 hp dan torsi maksimal 4.000 rpm 125 Nm.

Dan varian Veloz dibekali mesin 1.500 cc kode 2NR-FE yang memiliki tenaga maksimal 102 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 144 Nm pada 4.000 rpm. Veloz pun memilih transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan, dengan tetap mengandalkan penggerak roda belakang.

Model baru Avanza G mewah ini berbeda dalam hal penambahan body kit. Dari segi fungsi, Avanza G mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Toyota mengklaim kabin Avanza lebih tertutup rapat karena menggunakan material yang lebih keras dan tebal pada plafonnya. Kantung udara SRS ganda dan rem ABS juga mendukung fungsi keselamatan.

Namun, interiornya masih sangat mirip dengan pendahulunya. Interiornya didominasi oleh dual tone antara beige dan abu-abu. Pengaturan AC juga tidak memiliki arah burst.

Meskipun panel yang digunakan modelnya berbeda, namun tetap sama dengan pendahulunya. Hanya saja panel instrumen dan lingkar kemudi diubah menggunakan model baru, yang menghadirkan kesegaran pada ruang kabin. Ia kembali menggunakan host layar dengan teknologi layar sentuh G dan Veloz.

Pada Veloz versi 1.5, sedikit perubahan dilakukan pada penggunaan beberapa lampu reflektor dan desain bumper yang lebih besar pada bendungan udara. Kemudian tambahkan lencana “Veloz” di bagian belakang untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah jenis lain.

Di dalam, kabinnya sebagian besar berwarna hitam. Apalagi fungsi-fungsi yang menunjang kenyamanan pengendara juga semakin lengkap.Misalnya audio control pada lingkar kemudi dapat memudahkan pengemudi dalam mengatur audio saat berkendara.

Dengan adanya pergantian generasi, Avanza berinovasi dengan merilis tipe Luxury tipe G dan Veloz. Bedanya, bemper depan, bemper belakang, dan side skirt punya body kit baru lainnya. Serta penggunaan panel kayu di bagian interior menambah kesan mewah.

3. Generasi 3 (2015 – 2019), Grand New Avanza

Pembaruan terakhir dilakukan oleh Avanza pada tahun 2015 lalu, yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Meski hanya dandanan, namun Avanza tetap melakukan banyak perubahan. Mulai dari penggunaan lampu multi reflektor baru, hingga gril baru dengan desain lebih tebal, hingga perbedaan bumper antara Avanza dan Veloz.

Grand New Avanza memiliki beberapa tipe 1.3 EM / T atau A / T, 1.3 GM / T atau A / T dan 1.5 GM / T. Penggunaan pelek juga berbeda dengan model sebelumnya, meski masih sama dengan model four-spoke, Avanza menggunakan warna pelek tunggal 14 inci, dan veloz 15 inci dual tone.

Untuk mesin, tidak ada perubahan yang dilakukan. Masih mengandalkan mesin 1,3 liter dan 1,5 liter (hanya tersedia 1,5 liter A / T di Veloz), dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Interior mobil ini menggunakan kombinasi two tone beige dan black. Walaupun panelnya masih mirip dengan generasi sebelumnya, namun fungsi audio telah ditingkatkan dengan menggunakan host 2-DIN, serta memiliki fungsi multimedia seperti CD / DVD, USB, dan dapat membaca format MP3. Serta penggunaan spidometer baru yang lebih modern dan tampak futuristik serta memiliki layar MID.

Berbeda dengan Grand Grand Avanza, Veloz memiliki varian 1,5 M / T atau A / T serta varian baru 1,3 M / T dan A / T. Memiliki fungsi yang lebih mewah dan lengkap dibanding Avanza. Misalnya perpaduan interior hitam dengan panel dekoratif abu-abu dan silver membuat Veloz lebih sporty dibanding Avanza.

Tentu, fungsi lainnya adalah penggunaan host 2-DIN dengan monitor 6 inci, dan layar tambahan untuk penumpang belakang di langit-langit. Inilah keunggulan Veloz.

Grand New Avanza Veloz baru dilengkapi dengan monitor TV di langit-langitnya.Diterbitkan di situs resmi Toyota sejak Januari 2019. Harga Grand New Avanza berkisar 1,3 M / T dengan harga Rp 191 juta hingga Rp. . 221 juta pada 1,5 M / T. Sedangkan Veloz berkisar antara Rp 215 juta pada 1,3 M / T hingga Rp 239 juta pada 1,5 A / T.

toyota avanza
Previous Post

No more post

toyota avanza
Next Post

No more post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *