Tips Mengerem Yang Benar Ketika Sedang Berkendara

Teori dasar yang seharusnya kita pelajari sebelum berkendara namun sering kita abaikan yakni teori mengerem yang baik dan benar, karena bila anda menguasai cara mengerem yang benar ini dapat di pastikan akan meminimalisir terjadinya kecelakaan saat anda sedang berkendara baik di siang hari maupun di malam hari.

Tips Mengerem Yang Benar Ketika Sedang Berkendara

Banyak pengguna jalan yang hanya asal saja melakukan pengereman disaat kejadian mendadak dan kebanyakan dari mereka mengalami kecelakaan berkendara yang cukup serius, baik itu motor sport (yamaha R25, satria fu 150), motor vespa (Vespa GTS Super 150 3V), dan motor trail (Yamaha WR250R), dan lain-lain. Maka dari itu kita harus paham benar tentang teori pengeriman secara aman dan benar.

 

Pada kesempatan kali ini kami dari info otomotif terbaru akan sedikit memberikan tips-tips teori pengereman secara benar dan aman.

1. teori pengamanan yang paling benar adalah dengan mengoptimalkan secara bersamaan baik rem depan maupun rem belakang, bukan hanya mengoptimalkan salah satu saja.

2. tips pengereman yang benar ke dua adalah jangan pernah takut untuk mengunakan rem depan, karena rem depan sangat mempunyai peranan yang cukup singnifikan untuk mengantisipasi jika anda diharuskan melakukan pengereman secara mendadak. ada bainya anda sering belajar untuk melakukan mengunakan rem depan ini, jika anda terlalu melakukan rem depan secara frontal maka ini juga akan mengakibatkan kecelakaan untuk anda sendiri.

3. sama halnya dengan pengereman rem depan hanya saja pembeda fungsi rem belakang ini lebih tepat jika anda lakukan pada jalanan yang menurun dengan kecepatan yang sedang.

4. antisipasi jalanan berpasir dan jalanan yang licin, saat anda melewati jalanan tersebut lebih baik jika anda dalam kecepatan yang rendah dan lebih baik anda tidak melakukan pengereman sama sekali hal ini ditujukan agar motor yang anda tunggangi tidak tergelincir dan tidak jatuh.

5. saat anda berada pada jalanan menikung lebih baiknya jika anda melakukan pengereman menjelang jaanan tikungan tersebut, dan ketika ada sedang berada dalam tikungan lakukan akselerasi pada motor anda, hal ini ditujukan untuk cengraman pada roda depan anda semakin baik. banyak pengendara yang salah pada kejadian ini, kebanyakan mereka melakukan pengereman saat berada di tikungan. sangat amat berbayaha, apalagi jika dalam kecepatan yang sangat tinggi.

6. posisi jari yang baik untuk melakukan pengeriman adalah dengan mengunakan 4 jari tepatnya seperti posisi tangan anda sedang meremas, tekanan pengereman sendiri harus anda sesuaikan dengan kondisi jalanan, tapi perlu kembli anda ingat, pengurangan kecepatan terbaik adalah pengoptimalan secara bersama-sama rem depan dan belakang secara berkala.

Demikian tips-tips cara pengereman yang benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga tips cara pengereman yang baik kali ini dapat memberikan tambahan wawasan untuk anda dan dapat menjadi salah satu acuan cara anda untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan ketika sedang berkendara.

You May Also Like