Tips Memulai Bisnis Online: “Magic Zone of Money”

Beberapa orang bingung mau memulai dari mana bisnis online-nya. Mereka terombang-ambing dengan iming-iming pamer pendapatan online oleh teman-temannya dan akhirnya menyebabkan tidak fokus. Sebenarnya jika kita fokus dan berpikir jernih serta step by step dengan langkah yang matang, perencanaan bisnis akan menuai hasilnya.

Sedikitnya ada 3 sindikasi faktor untuk memunculkan Ide Bisnis Online. Dalam pembahasan ini terkait “Magic Zone of Money”, memiliki pengertian bahwa zona uang yang pas untuk kita terjun disana. Titik keseimbangan (equilibirum) yang pas untuk kita memulai bisnis.

FORMULA

Adapun pattern dari “Magic Zone of Money” adalah sebagai berikut:

1. Passion

Passion kita dimana? Hoby, bakat, interest ketertarikan kita ada di bidang apa? Jika kita nyaman di bidang itu kita akan feel free menjalani pekerjaan.

2. Competence

Kita juga harus menguasai suatu konsep untuk memulai bisnis online, business plan, marketing, distribusi, penguasaan produk dari hulu ke hilir, bagaimana menggaet konsumen dan segala sesuatu terkait dengan ilmu skill kita menjalani suatu bisnis itu.

3. Market Need

Tidak asal terjun dan salah pilih. Carilah produk yang dibutuhkan pasar, cash flow yang dipandang bagus dan banyak permintaan akan produk tersebut. Akan terlalu banyak tantangan jika kita menjual produk langka dan perlu langkah ekstra dari kebutuhan yang umum tersedia.

KOHERENSI DAN SIMBIOSIS

Ketiga faktor di atas tidak bisa dipisahkan untuk tercapainya tujuan “Magic Zone of Money”, saling menguatkan antara satu faktor dengan faktor lainnya, jika tidak maka akan timbul kekurangan.

1. Passion + Competence

Yang akan tercipta dari kolaborasi ini adalah sebuah DREAM (Mimpi). Memang kita passion dibidang itu, dan kita merasa memiliki competence, namun apadaya tidak terpenuhi suatu Market Need (Kebutuhan Pasar)

2. Passion+Market Need

Yang akan terwujud dari kombinasi ini adalah sebuah LOSSER (Kekalahan). Dirasa banyak permintaan akan kebutuhan pasar dan kita sangat passion di bidang itu, namun kita hanya bisa “gigit jari” tidak mempunyai konowledge dan skill tak bergeming.

3. Competence+Market Need

Yang akan terlahir dari fushion ini adalah sebuah JOB. Anda sebenarnya tidak passion  di situ, dikhawatirkan Anda tidak betah, terpaksa dan tidak nyaman dengan pekerjaan ini. Anda hanya menjadikan ini sebagai Job Anda.

Dengan demikian, mumpung Anda masih muda, temukanlah titik keseimbangan antara ketiga hal di atas agar Anda dapat menjadi pengusaha muda yang sukses bisnis online dan menikmati pekerjaan.

Next Post

No more post

You May Also Like