Cara Top Up, Cek Saldo Kartu Flazz BCA beserta Keuntungannya

Seiring perkembangan jaman, banyak kemudahan diberikan dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Terlebih dalam hal transaksi keuangan, dengan hadirnya kartu elektronik dimana pengguna dapat membayar belanja dengan kartu tanpa harus memencet pin untuk menyetujui transaksinya. Nominal saldo akan otomatis terpotong sesuai dengan jumlah nominal belanjaan.

Banyak bank mengeluarkan kartu elektronik yang memiliki banyak manfaat ini. Salahsatunya bank BCA dengan kartu elektroniknya Flazz BCA.

Kartu Flazz BCA merupakan sebuah kartu untuk belanja yang bersifat satu arah dan sepenuhnya online. Berbeda dengan kartu ATM yang fungsinya untuk transfer uang dari rekening ke rekening lainnya, bisa juga untuk tarik tunai dan transaksi lainnya.

Kartu Flazz BCA bisa digunakan untuk pembayaran seperti tol, SPBU, parkir berbasis kartu, supermarket market besar seperti Hypermart, Giant, Indomart, Alfamart dan banyak merchant lainnya di seluruh Indonesia. Bahkan toko kecil yang mempunyai mesin EDC yang support dengan kartu Flazz BCA.

Flazz BCA memiliki cara kerja yang sederhana seperti isi ulang pulsa HP. Pemilik kartu Flazz cukup mengisi atau top up kartu Flazz BCA dengan nominal tertentu, maka saldo akan masuk dan terekam di kartu dengan nominal yang sama persis dengan yang diisikan. Saldo dapat dimanfaatkan untuk berbelanja maupun kebutuhan lainnya, saldo akan dipotong berdasarkan pembelian. Di beberapa merchant dikenakan tambahan pajak sebesar 1-2% dari total belanja.

Ada beberapa cara pengisian Flazz BCA, Anda dapat mengisi ulang melalui ATM BCA, atau melalui aplikasi BCA Mobile dengan catatan hanya bisa dilakukan dengan kartu flazz BCA gen 2 dan smartphone yang memiliki NFC. Anda juga bisa mengisi ulang melalui merchant seperti Alfamart, Indomart dan semua merchant yang bekerjasama dengan BCA.

Berikut Tahapan pengisian kartu Flazz BCA:

1. Top up kartu Flazz melalui ATM

  • Masukkan kartu Paspor BCA ke mesin ATM.
  • Masukkan pin.
  • Pilih menu Flazz dan tekan Top Up.
  • Masukkan jumlah nominal top up dan tekan “Benar”.
  • Tarik Kartu Paspor BCA dan Masukkan Kartu Flazz ke Mesin ATM.
  • Saldo awal dan jumlah top up ditampilkan tekan berikutnya “Benar”.
  • Masukkan pin.
  • Transaksi berhasil ketika tanda terima keluar.

2. Top up kartu Flazz melalui menu EDC

  • Select Flazz lanjutkan pilih menu Top Up.
  • Gesek kartu paspor BCA di mesin EDC dan tekan “Enter”.
  • Masukkan nominal Top Up dan tekan “Enter”.
  • Masukkan PIN Kartu Paspor BCA anda dan tekan “Enter”.
  • Masukkan Flazz ke mesin EDC.
  • Transaksi berhasil ketika tanda terima keluar.

Tidak hanya itu, selama saldo di kartu cukup, tidak ada batasan minimal atau maksimal pengeluaran untuk bertransaksi melalui Flazz BCA. Oleh karena itu, sebenarnya berbelanja dengan Flazz BCA hampir sama dengan berbelanja dengan dompet sendiri. Namun, proses ini lebih sederhana dan aman karena dapat meminimalkan hilangnya fungsi dan kerugian kalkulasi. Paling tidak, jika merchant tidak memiliki kembalian, maka konsumen tidak boleh mengeluarkan uang untuk ditukar dengan derivatif yang lebih kecil.

Setiap orang yang memiliki kartu dapat menggunakan Flazz BCA, karena kartu tidak memerlukan PIN atau tanda tangan dari pemilik yang berhak. Oleh karena itu, jika kartu hilang, pihak yang menemukan kartu hanya dapat menggunakan saldo pada kartu. Berbeda dengan ATM yang terkait dengan status kepemilikan rekening yang diakses. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menangkap kartu Flazz BCA, dan diusulkan untuk tidak terlalu memenuhi saldo untuk meminimalisir kerugian. Kartu Flazz BCA tidak dapat diblokir seperti ATM. Oleh karena itu, jika terjadi kerugian, pemilik secara otomatis ingin kehilangan semua sisa saldo di sana.

Previous Post

No more post

You May Also Like