Ini dia Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Berita teknologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini sedang melakukan transisi dari TV analog ke TV digital secara bertahap. Migrasi siaran TV analog ke TV digital sudah sesuai dengan peraturan Nomor 11 Tahun 2020 tentang penciptaan lapangan kerja.

Tahap pertama, siaran TV analog akan dihentikan paling lambat pada 17 Agustus 2021, dan proses transisi akan dimulai sekarang. Paling lambat 2 November 2022, siaran TV analog akan dihentikan total.

Artinya, orang yang tidak segera bermigrasi ke TV digital atau memasang set-top box (STB) DVBT2 tidak akan dapat menikmati siaran di TV.

Apa beda TV analog dan TV digital?

Menurut laporan, Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia mengatakan bahwa TV analog dan TV digital dapat diterima melalui antena terestrial. Salah satu perbedaannya adalah sinyal yang ditransmisikan berupa sinyal analog dan sinyal digital.

“Saat diterima di TV, TV digital menunjukkan perbedaan kualitas gambar yang signifikan, dengan suara yang lebih jernih, tidak segrainy TV analog,” ujarnya. Dikutip dari Lifewire, transmisi sinyal TV analog mirip dengan sinyal radio.

Di TV analog, sinyal video ditransmisikan dalam AM, dan audio ditransmisikan dalam FM. Sayangnya, sinyal dapat terganggu, tergantung pada jarak dan lokasi geografis TV yang menerima sinyal.

Selain itu, jumlah bandwidth yang dialokasikan untuk saluran TV analog membatasi resolusi dan kualitas gambar secara keseluruhan. Berbeda dengan TV analog, TV digital mentransmisikan dalam bentuk data informasi bit, seperti data komputer pada CD atau DVD.

Sinyal digital terdiri dari 1 dan 0, yang berarti on atau off. Artinya jika TV terlalu jauh dari pemancar atau di lokasi yang tidak diinginkan, siaran TV tidak dapat diakses.

Perbedaan lainnya adalah transmisi TV digital mendukung format rasio aspek 16:9. Hal ini memungkinkan untuk menonton film dengan maksud pembuat film.

TV dengan rasio aspek 16:9 dapat menampilkan gambar layar tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang gambar dengan bilah hitam di bagian atas dan bawah gambar layar.

You May Also Like