10 Cara Menghemat Pengeluaran

Cara Menghemat Pengeluaran

Mengelola keuangan harus menjadi fokus perhatian yang penting karena dengan manajemen yang baik akan bisa membuat hidup seseorang nyaman dan bahagia. Salah cara adalah dengan melakukan penghematan terhadap pengeluaran baik harian maupun bulanan. Topik kali ini adalah tentang tips dan cara untuk berhemat agar tidak boros yang bisa anda simak secara lengkap melalui tulisan dibawah ini.

Tips Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

1. Mematikan peralatan Elektronik

Saat ini merupakan jaman modern dimana segala peralatan rumah tangga lebih didominasi oleh perangkat elektronik seperti televisi, home teather, komputer, lemari pendingin, penanak nasi listrik, dan masih banyak lagi. Penggunaan yang tidak pada tempatnya dengan terus menghidupkan alat tersebut padahal sudah tidak dipergunakan merupakan tindakan pemborosan. Rekening listrik akhir bulan pasti mengalami pembengkakan biaya sehingga membuat pengeluaran menjadi tinggi untuk membayar tagihan listrik.

2. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Lampu untuk penerangan dalam dan luar rumah harus memilih produk yang terpercaya dan tentu saja hemat energi. Karena terlalu banyak merk lampu yang beredar dipasaran maka harus jeli dalam memilih. Harga murah dengan daya konsumsi lampu kecil tidak menjamin cahaya yang dihasilkan terang seperti yang diinginkan. Oleh karena itu pilih produk yang berkualitas walau harga agak mahal tetapi umur penggunaan bisa panjang, daya yang dibutuhkan kecil, dan tentunya cahaya yang dihasilkan benar-benar terang seperti seharusnya.

3. Menggunakan Air Dengan Bijaksana

Air bersih menjadi kebutuhan sehari-hari yang penting untuk keperluan air minum, memasak, mencuci, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu untuk menekan biaya perlu menggunakannya secara wajar dan bijaksana, apalagi sumber air bersih saat ini sudah semakin menipis terutama untuk kota-kota besar sehingga perlu efisiensi pemakaian.

4. Memasak Sendiri Di Rumah

Banyaknya tempat makan yang menyediakan berbagai macam menu siap saji memang membuat orang semakin mudah bagi sebagian orang yang memang sibuk dengan aktifitas sehari-hari. tetapi tidaklah bijaksana jika harus mengkonsumsi secara rutin karena akan membuat pengeluaran semakin besar. Sebaiknya memasak sendiri dirumah dengan memilih menu yang sekiranya bisa awet untuk beberapa hari misalnya makanan kering dan dikombinasi dengan masakan lainnya yang tercukupi kandungan gizi dan vitamin. Dengan memasak dirumah biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan makan bisa ditekan walaupun harus meluangkan waktu beberapa jam untuk mengolah menu makanan yang diinginkan.

5. Belanja Barang Sesuai Kebutuhan

Setiap bulan bahkan mingguan biasanya kita selalu berbelanja untuk kebutuhan rumah. Jenis barang yang baisanya ahrus dipenuhi adalah beras, gula, teh, kopi, sabun mandi, sabun cuci, shampo, cairan pembersih lantai, dan masih banyak lagi. Sebaiknya ketika akan berbelanja berbagai kebutuhan pokok anda bisa memilih di tempat grosir yang harganya bisa terpaut banyak dibandingkan beli di tempat toko biasa. Apalagi jika berbelanja dalam jumlah banyak baisanya ada potongan harga yang menarik pada setiap pembelian produk-produk rumah tangga tertentu.

6. Memperbaiki Kerusakan Sendiri

Setiap barang pasti ada waktunya mengalami kerusakan seperti kran air yang bocor, lampu mati, genteng melorot, dan masih banyak lagi lainnya. Sebenarnya untuk kerusakan-kerusakan kecil atau sepele bisa diperbaiki sendiri tanpa harus memanggil orang lain untuk mengerjakannya. Dengan mengerjakan segala sesuatunya sendiri juga ikut melatih kemampuan andaikata suatu ketika tidak ada orang lain yang bisa membantu perbaikan.

7. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Saat ini bisa dikaakan sebagian besar orang memiliki kendaraan bermotor maupun mobil untuk membantu kelancaran aktifitas sehari-hari. Namun akan lebih baik lagi jika menggunakan kendaraan pribadi itu pada saat benar-benar dibutuhkan sedangkan ketika berangkat sekolah atau bekerja memanfaatkan kendaraan umum. Hal itu akan mengurangi pengeluaran bahan bakar apalagi bagi kendaraan yang memang terhitung boros terutama untuk umur kendaraan yang sudah tua.

8. Gunakan Kartu Kredit Secara Tepat

Kartu Kredit menjadi alat sakti yang bisa digunakan untuk berbelanja apa saja tergantung limit yang berlaku. Banyak orang-orang yang “lupa” dan akhirnya berbelanja tanpa kontrol dan akhirnya malah menimbun hutang yang kadang tidak bisa terbayar. Jika anda tidak terlalu memerlukan kartu kredit sebaiknya buang jauh-jauh keinginan untuk mendapatkannya. Bagi yang sudah memiliki tapi tidak ada penggunaan yang benar-benar memerlukan kartu kredit dalam keadaan darurat ada baiknya ditutup saja daripada tergoda untuk memakainya untuk yang tidak penting.

9. Manfaatkan Barang Yang Ada

Seringkali seseorang membeli barang-barang padahal dirumah masih ada yang bisa dipergunakan. Menumpuk barang yang belum tentu akan dipergunakan dengan alasan ada diskon adalah tindakan yang kurang bijaksana. Gunakan berbagai barang yang ada selama masih bisa berfungsi dengan baik. Hal itu juga termasuk dalam perilaku positif untuk usaha penghematan pengeluaran sehingga uang yang dimiliki bisa dialokasikan untuk disimpan di rekening bank sebagai tabungan.

10. Jaga Kesehatan

Setiap tindakan dan perilaku dalam hidup harus menjadi perhatian karena bisa beresiko mengganggu kesehatan. Jika kesehatan terganggu maka akan ada biaya pengeluaran ekstra besar guna mengobati penyakit yang diderita. Oleh karena itu menjaga kesehatan adalah cara yang terbaik dengan cara olah raga secara teratur, mengkonsumsi makanan dan minuman secara bijaksana, serta perilaku hidup yang sehat baik secara fisik maupun pikiran. Sakit kadang memang bisa datang tanpa diduga meskipun sudah berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kesehatan. Obat herbal menjadi salah satu produk alami yang murah dan berkhasiat tinggi untuk mengobati segala penyakit.

Tips Cara menghemat pengeluaran baik bulanan maupun harian diatas bisa menjadi referensi bagi Anda agar tidak boros dalam mengelola keuangan. Semoga bisa membantu Anda memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat.

 

Cara Menghemat Pengeluaran
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *